Pelindo 3 Codesport Downhill Indonesian Klemuk

Tim Pelindo 3 Codesport Racing punya strategi sederhana untuk persiapkan rider dalam mengikuti pagelaran Indonesian Downhill (IDH) 2016 Seri 3 di Bukit Klemuk, Batu. Strategi sederhana, yaitu menjaga psikis para rider. Seperti membuat para rider lebih enjoy sebelum mulai mengngayuh tunggangannya di trek Klemuk.

Adhian Nova selaku Pembantu Pelaksana Lapangan menyatakan bahwa Tim Pelindo 3 Codesport saat ini melibatkan rider dari beberapa komunitas. Sehingga semua rider akan lebih enjoy dengan suasananya. Seolah-olah sedang gowes bareng.

Hal tersebut benar diterapkan pada tim. Pasalnya semakin enjoy maka semakin tenang dan mantab untuk mengkayuh tunggangannya di trek Klemuk.”Secara otomatis, pressure emosianal lebih bisa ditekan. Dengan begitu, rider bisa tampil tanpa beban saat race,” ungkap Adhi.

Selain mendinginkan kepala sebelum balapan, para rider Tim Pelindo 3 Codesport juga turut membantu persiapan untuk mengikuti  Indonesian Downhill (IDH) 2016 Seri 3 ini. Mulai dari saat registrasi. Pada tahap ini masing-masing rider mempunyai akses penuh untuk masuk ke form registrasi. Sementara anggota tim lain nantinya akan melakukan tugas sisanya, seperti membantu pengecekan data dan membantu proses administrasi.

Sebelum race, Tim Pelindo 3 Codesport akan melakukan stretching bersama sama sebelum berangkat ke area lomba, hingga ritual berdoa bersama seluruh tim. Sisanya persiapan lebih ke arah teknis saja. Dan untuk sisi ini, Adhi lebih menitikberatkan pada tim kelas Expert.

“Karena secara real lebih menguasai, maka semua rider kita arahkan untuk menanyakan perihal tips dan trik untuk melewati handycap yang ada di track,” tambah Adhi.

Indonesian Downhill (IDH) 2016 Seri 3 di Bukit Klemuk, Batu saat ini terlibat dalam pengawasan Union Cycliste Internationale (UCI). Tepatnya sejak tahun 2015 di Seri 4 lalu UCI memberi warna tersendiri. Setidaknya saat ini ajang kompetisi Indonesian Downhill saat ini telah mendapat perhatian dari dunia. Positifnya peraturan kini lebih berdiri tegak dan ketat. Sehingga seleksi rider downhill di Indonesia kini mulai beranjak pada status yang lebih tinggi. (idr)