final result seri 1 IDH sarangan 2015-

Cuaca buruk dengan hujan deras menandai seri pertama pembukaan Kejurnas Indonesian Downhill 2015 yang digelar di Freedom Track, Sarangan, Magetan tanggal 17-19 April 2015 lalu. Seri pertama ini dibuka dengan sepuluh kelas downhill, mulai dari Youth, Veteran, Women Open hingga Men Elite dan melibatkan lebih dari 200 peserta dari seluruh Indonesia.

Pada seri ini, Popo Ario Sejati, rider kawakan dari Patrol Mountain – FJC, berhasil keluar sebagai juara kelas Men Elite. Mengalahkan pesaing lainnya dengan catatan waktu 3 menit 33,348 detik di atas Yavento Ditra Pranata (Polygon Factory Team) yang berada di urutan kedua dengan raihan waktu 3 menit 44,192 detik. Dan disusul oleh Mulyadi “Ateng” pada posisi tiga dengan selisih waktu 10,844 detik dari Popo. Sedangkan Robet Agung dari tim W MLD yang beredar paling cepat saat seeding run, harus puas bertengger di posisi keempat.

Popo yang hanya meraih posisi ketiga saat seeding run, berhasil memperbaiki waktu dan memenangkan kelas tertinggi pada kejuaraan ini berkat strateginya untuk mengatasi buruknya cuaca dan kondisi trek Sarangan.

“Dengan mengatur suspensi dan memilih ban yang tepat, saya berhasil melalui seluruh obstacle. Sebenarnya saya lebih bermain aman agar tidak mengalami masalah”, ujar Popo Ario Sejati seperti dikutip oleh Dhoni Bima Setiawan dari Indonesian Downhill.

Trik Popo ini bukan tanpa alasan, kondisi lintasan Freedom Track sore itu memang diguyur hujan deras. Membuat pemilihan ban sangat penting bagi seluruh peserta pembalap. Menggunakan ban basah dan mengatur suspensi yang sedikit lebih soft bisa menjadi kunci kemenangan. Strategi yang tidak dijalankan oleh pesaing Popo, Robet yang mengatakan tidak menggunakan ban basah dan menyebabkan dirinya kehilangan waktu saat babak final.

Pada kelas Women Elite yang juga terpaksa berlomba dengan medan becek, Nining Purwaningsih (Teamilikithi), masih terlalu superior bagi empat pembalap wanita lainnya. Nining berhasil menaiki puncak podium dengan waktu 05:04,434. Sedikit lebih lambat daripada catatan waktunya saat seeding run.

Berada di peringkat kedua dengan selisih 18,465 detik dari Nining yaitu Marines Dwi Harifah, rider muda dari tim Pelindo-3 Jemping Downhill-BoisTois yang secara mengejutkan membalikkan kedudukan setelah dirinya berada pada peringkat terakhir saat seeding run. Disusul oleh Fiqi Isnaini (Ride More Asia) pada posisi ketiga.

Race result seri ini mengantarkan Popo dan Nining sebagai penguasa klasemen. Dengan Popo berhasil mengumpulkan 230 poin, dan Nining sebanyak 250 poin. Menyusul seri selanjutnya akan diadakan di Tlogo Resort – Tuntang, Salatiga pada tanggal 5-7 Juni 2015 mendatang.