afternoon cycling

codesport.id – Mayoritas pesepeda beranggapan bahwa performa bersepeda saat sore hari lebih baik dibanding waktu harian yang lain. Bahkan bersepeda saat sore dapat menghasilkan
kemampuan sekitar 6% – 9% lebih besar dibanding pagi hari. Penyebabnya dapat dilihat dari panasnya suhu tubuh secara internal.

Suhu tubuh disebut-sebut sebagai faktor kunci utama meningkatnya performa bersepeda. Lebih tepatnya, puncak suhu tubuh dalam kondisi terbaik untuk berlatih atau berolahraga mayoritas orang yaitu pada sore hari. Potensi tersebut timbul karena suhu tubuh saat sore hari secara konsisten lebih tinggi.

Saat sore hari, fungsi paru-paru akan bekerja hingga 6% lebih baik dibanding waktu lain karena telah mencapai puncak suhu inti. Performa pesepeda akan memuncak saat pukul 5.30 sore dalam hal produksi daya maksimum atau sekitar 7% lebih tinggi. Meskipun beban yang dilakukan sama, namun suhu tubuh optimal juga menghasilkan kinerja detak jantung, tulang dada, dan otot akan lebih baik.

Fakta dari kasus ini menunjukkan bahwa kondisi tubuh yang tinggi mengakibatkan darah kurang kental dan mengalir lebih cepat. Hal tersebut berarti membuat otot menjadi lebih lentur sehingga performa menjadi lebih bagus karena energi yang dikeluarkan hanya sedikit. Selain itu, pada dasarnya tubuh menyesuaikan suhu dengan kondisi di sekitar tubuh. Saat pagi hari, tubuh akan cenderung mengisi suhu panas untuk bekerja, kemudian saat siang kondisi tubuh akan berkurang karena sudah terlalu banyak menyimpan panas. Sore hari menjadi waktu dimana terjadi penurunan suhu panas sehingga lebih efisien jika digunakan untuk mengisi ulang kembali dengan beraktivitas.

Meski demikian, alangkah baiknya untuk mengetahui suhu puncak inti tubuh, karena tidak semua orang mengalaminya saat sore hari. Sesuaikan waktu istirahat dengan benar agar latihan dapat memberikan hasil yang maksimal. (rnd)