Ban SepedaJenis dan kualitas ban jelas akan mempengaruhi performa pegowes. Pada intinya tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas tentang pemilihan pedal yang ternyata tidak harus mahal dan bermerek untuk mendapat performa apik saat gowes. Begitu juga dengan ban, asalkan sesuai dengan medan yang dihadapi rute macam apapun bisa dibabat habis.

Pada umumnya tipe ban sepeda MTB dibagi jadi tiga jenis, pertama Cross Country, kemudian All Mountain dan yang terakhir Downhill. Pemilihan jenis dan kualitas ban kebanyakan merujuk dari standar pabrikan sepeda-sepeda besar. Dikatakan demikian karena tiap-tiap produsen selalu merilis ukuran yang menyesuaikan dengan penggunaannya. Terlebih lagi uji tes sudah pasti dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing ukuran dan jenisnya.

Sesuai dengan standar pabrikan, biasanya ban berjenis MTB memakai ukuran 26 dan 29 inch, sedangkan untuk jenis Cross Country (XC) atau All Mountain (AM) biasa menggunakan ukuran ban dengan lebar tapak 1.8 inch s/d 2.4 inch. Sementara rentang ukuran lebar tapak untuk jenis penggunaan freeride dan sepeda downhill biasanya 2.5 inch s/d 3.0 inch.