Era mountain biking telah dimulai. Atlet dan komunitas sepeda gunung semakin bertambah aktif di Indonesia. Saling beradu dala kompetisi dan kegiatan masing-masing Tentu ini kabar baik bagi para penggiat, terbaca dari banyaknya aktifitas seperti gathering, charity hingga kompetisi berskala nasional yang rutin diselenggarakan.

Namun apakah kuantitas ini bisa dijadikan acuan perkembangan olahraga sepeda gunung di Indonesia? Tidak. Karena sekarang sudah saatnya beralih menengok ke arah penyelenggaraan event bersepeda yang berkualitas. Termasuk rider dan massa Indonesia mountain biking secara keseluruhan.

Adanya kualitas lahir dari dukungan berbagai pihak. Badan resmi, operator pelaksana, komunitas serta pihak pemerintahan dan sponsor. Dan yang terakhir ini yang seringkali menjadi penghambat kemajuan aktivitas bersepeda gunung. Tapi seiring perkembangan jaman kebutuhan akan sponsor telah melahirkan hubungan timbal balik antara pemberi dan penerima. Penerima memperoleh apa yang dibutuhkan melalui endorsement produk atau jasa, dan pihak pemberi sponsor pun memperoleh manfaat marketing yang tidak sedikit.

Lalu bagaimana langkah efektif untuk memperoleh sponsor, khususnya dalam dunia mountain biking? Apalagi bagi para amatir dan masih awam dalam menjalin sponsorship. Jelas, bagi mereka yang berprestasi, sponsor akan datang sendiri tanpa perlu dicari. Maka dari itu kekreativitasan kita yang akan diuji.

Sponsor Tidak Hanya untuk Pemenang

Podium bukan jawaban kreativitas, pembalap atau komunitas sepeda gunung hanya perlu mencari celah di mana mereka unggul dan memiliki tawaran menarik untuk dipersembahkan pemberi sponsor. Dengan cara ini, dipastikan mengemis untuk dana tidak lagi efektif.

Ukur kemampuan diri, ukur seberapa bonafit komunitasmu dan seberapa besar skala acaramu dan kejar sponsor yang setara. Bukan sponsor yang kecil ataupun sponsor dari perusahaan raksasa namun sponsor dari perusahaan yang sejajar dengan kualitasmu.

Dengan demikian pihak sponsor pun akan lebih menghormati attitude dan pendekatan proposalmu. Memberi porsi sumbangsih yang pas untuk kamu atau tim-mu.

Buat Daftar Target Sponsor

Putuskan untuk membuat daftar orang-orang atau perusahaan yang akan kamu tuju dalam proposalmu. Matangkan pendekatan intensif dan berbeda untuk masing-masing nama dalam daftar tersebut. Mereka biasanya individu dengan jabatan senior dan memiliki wewenang, serta memiliki hobi dalam MTB, dunia marketing dan publikasi atau periklanan.

Pikirkan juga timbal balik keuntungan yang akan diperoleh mereka dengan memberimu sponsor, karena tidak ada perusahaan yang mau merugi dengan stikernya tertempel di sepedamu hanya karena pasar mereka bukanlah masyarakat sepeda gunung. Terakhir amati event-event bersepeda, majalah dan komunitas yang telah sukses lainnya, dan pelajari siapa saja yang mensponsori mereka.

Apa yang Kamu Tawarkan

Kedua pahami apa yang akan kamu tawarkan terhadap pemberi sponsor. Beberapa menawarkan portofolio prestasi mereka, beberapa memiliki fanbase hingga ribuan orang, beberapa mereka pandai dalam mempublikasikan sponsor mereka. Kamu pun harus demikian. Pelajari apa yang menjadi keunggulanmu sekaligus media marketing yang bisa kamu akses.

Halaman facebook-mu, akun twitter atau lainnya yang bisa mendongkrak produk dan jasa mereka jika bekerjasama dengan kamu dan tim-mu. Eksploitasi teknologi untuk kepentinganmu dan sponsormu dan pastikan mereka mengetahuinya.

Lalu Apa yang Kamu ingin Dapatkan

Pastikan mencantumkan apa saja yang kamu butuhkan dalam proposal dan pembicaraanmu dengan para pemberi sponsor. Permintaanmu harus spesifik dan tegas, namun juga fleksibel tanpa terlihat mengemis. Jika kebutuhanmu ialah transportasi, pastikan itu didengar oleh perusahaan transportasi seperti rental mobil misalnya, jika kebutuhanmu ialah gear, pastikan toko sepeda terkenal dikotamu menerima proposalmu.

Terakhir, buatlah proposal bergaya modern dan relevan dengan tema bersepeda gunung. Bukan sponsor bergaya acara Hari Kemerdekaan yang konvensional dan ketinggalan jaman. Dengan demikian kamu akan memperoleh nilai plus dan kesan baik di mata pemberi sponsor. Jadi jika kamu memang serius ingin berpartisipasi dalam kemajuan dunia sepeda gunung di Indonesia, bersepedalah dan raih prestasi dan selenggarakan event-event bersepeda yang memiliki sisi komersial untuk menyokong semua pihak yang berandil di dalamnya.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan kerjasama sponsorship dengan Jemping.com. Detail lebih lengkapnya bisa kamu baca di sini.