cycling-pollution-minimalize-codesport

codesport.id – Sebagian pesepeda tidak menyadari bahwa seiring aktifitas bersepeda juga tidak lepas dari udara kotor atau polusi yang kurang menyehatkan. Namun menghirup udara kotor saat bersepeda masih sangat bisa diminimalisir, salah satunya dengan mengatur kecepatan. Bersepeda dengan kecepatan antara 12-20 km/jam dipercaya mampu mengurangi kemungkinan menghirup udara kotor.

Sebuah penelitian terbaru dari Alex Bigazzi, seorang ahli transportasi Universitas British Columbia menjelaskan hal tersebut melalui tulisannya di Journal of Sustainable Transportation. Dia mencoba menghitung kecepatan dosis minimum (MDS) terhadap objek penelitian yang dikelompokkan sesuai gender dan usia yang berbeda.

Untuk pesepeda berusia 20 tahun, kecepatan ideal untuk laki-laki yaitu 13,3 km/jam, sedangkan perempuan yaitu 12,5 km/jam. Kemudian untuk usia dewasa, antara 20-60 tahun baik laki-laki maupun perempuan didapati kecepatan ideal yang sehat yaitu sekitar 13-15 km/jam. Hal ini juga berlaku untuk pejalan kaki. Kecepatan berjalan kaki yang ideal yaitu antara 2-6 km/jam.

Alex Bigazzi menjelaskan bahwa bersepeda melebihi kecepatan MDS akan memperbesar kemungkinan menghirup udara kotor. Sisi positifnya, kecepatan MDS tersebut sudah merupakan kecepatan rata-rata yang ditempuh saat bersepeda. Alex Bigazzi mengkaitkan kecepatan tersebut dengan proses pernafasan.

“Semakin cepat mengayuh pedal, semakin cepat tubuh bergerak, makan sistem pernafasan akan semakin sulit sehingga lebih banyak kemungkinan udara kotor terhirup,” paparnya.

Selain itu, memakai alat bantu berupa masker juga sangat berpengaruh ketika bersepeda di jalan raya yang ramai akan kendaraan bermotor. (rnd)