tips-roots-trail-off-road-bike-mtb-cycling-codesport

codesport.id – Bersepeda di lintasan off-road sangat menguji adrenaline, terutama saat bertemu dengan rintangan-rintangan yang menghadang. Salah satu rintangan yang sangat sulit untuk dihadapi yaitu menjalarnya akar-akar besar dari pohon. Akar pohon dapat membuat pesepeda kesulitan menebak arah ke mana sepeda akan bergulir. Namun untuk menghadapinya terdapat beberapa kunci fundamental agar tidak terjatuh dan tetap melaju ke depan.

Saat melewati jalanan berakar, pesepeda harus berusaha agar tetap fokus. Dengan bantuan insting natural sebagai pesepeda pasti akan lebih mudah memprediksi arah laju sepeda. Kemudian sesuaikan kecepatan sehingga ban tidak terlalu lama melakukan kontak dengan akar supaya terhindar dari selip. Menguasai kemampuan bunnyhopping menjadi sangat efektif dalam hal ini.

Selain itu, posisi tubuh juga menjadi hal yang krusial. Usahakan siku lengan tidak dalam posisi lurus atau sedikit tertekuk dan bahu tetap rileks agar dapat menyesuaikan guncangan sehingga tidak mengeluarkan banyak tenaga. Kemudian lutut juga sedikit tertekuk serta posisi pedal dalam keadaan sejajar horizontal. Hal ini membantu untuk menjaga keseimbangan dan membantu lebih mudah dalam mengontrol sepeda.

Adapun beberapa tips untuk mengatur set-up pada sepeda seperti ban, suspensi, dan contact points. Jenis dan tekanan ban memiliki efek terbesar ketika melewati lintasan berakar. Mengurangi sedikit tekanan pada ban akan mengurangi kerusakan saat melakukan benturan langsung. Gunakan jenis ban yang memiliki kemampuan cengkraman kuat seperti yang digunakan pada sepeda MTB atau sejenisnya.

Suspensi sepeda juga penting untuk mengatur pantulan. Mengatur suspensi dengan daya pantul sedang akan sangat membantu keseimbangan semakin terjaga dan ban tidak mudah tergelincir akibat dorongan yang terlalu keras. Kemudian untuk contact points atau titik tumpu mengontrol sepeda harus diatur senyaman mungkin. Atur tuas rem untuk lebih mudah terjangkau dengan tangan. Turunkan juga sadel sepeda agar tubuh lebih mudah diposisikan. Dengan demikian, tentunya pesepeda akan lebih siap menaklukkan trek yang dipenuhi akar pohon. (rnd)