Komunitas H3 (Horas Halak Hita) segera gelar konferensi pers untuk penyampaian aktivasi Toba GranFondo 2016 (TGF16), sebuah acara tour bersepeda menuju kaldera Danau Toba. TGF16 merupakan salah satu dari sederetan event terbesar dalam program Toba International Detour (TID) yang telah digagas oleh komunitas H3.

Searah dengan event-event TID yang lain, TGF16 juga ditujukan untuk mendukung pariwisata Danau Toba hingga ke level internasional. Event TGF16 akan digenderangkan pada 19-21 Agustus dengan pembukaan sekaligus start touring pada tanggal 20 Agustus di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan. Rabu (29/6), tim penyelenggara TGF16 akan mengadakan sebuah konferensi pers di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, Ruang Balairung Soesilo Soedarman sebagai bentuk keseriusan mengemas TGF16.

Pada konferensi pers nanti akan dihadiri beberapa narasumber yang akan menyampaikan bahan-bahan seputar TGF16. Para narasumber tersebut ialah Agustino Sidabutar (Ketua Panitia TGF16), Iqbal Alamsjah (Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata), Mangatas Panjaitan (Komunitas H3/Sekretaris TID), Ricky Maliangkay (Tour Manager dari Codesport), dan dua perwakilan dari sponsor yaitu FWD Insurance dan Net TV.

Konferensi Pers akan dijadwalkan mulai dari pukul 16.00 dengan agenda yaitu menyampaikan aktivasi kegiatan wisata olahraga dari H3 bertajuk Toba International Detour: Toba GranFondo 2016. Setelah usai, acara akan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.