kali shiva helmet codesport cycling

codesport.id – Helm merupakan salah satu perlengkapan utama bagi para rider sepeda di berbagai jenis. Kali, produsen helm yang berpusat di California berencana menginjeksi helm terbarunya dengan teknologi nano core. Helm yang dijuluki Shiva 2.0 karya Kali akan segera diluncurkan pada tahun 2017 besok.

Kali telah merilis produk helm full face Shiva sejak tahun 2014 lalu. Shiva memiliki sebuah keunggulan yaitu Composite Fusion Squared. Keunggulan tersebut mengonversikan perlindungan berstandar DOT pada helm full face carbon fiber dengan bobot 30% lebih ringan dibanding helm DOT. Shiva memiliki bobot hanya sebesar 1050 gram.

Dengan bobot yang lebih praktis, Shiva 2.0 memiliki fitur kekuatan yang sama dengan helm full carbon fiber shell, namun lebih diperbarui pada desain interior. Composite Fusion Squared dimanfaatkan oleh Kali sebagai penyatu Nano Core dan EPS dalam bentuk kubah geometris sehingga memungkinkan untuk mengatur performa helm.

Kali akhirnya berinisiatif luncurkan Shiva 2.0 pada tahun 2017 setelah melakukan sejumlah riset dengan uji coba baik secara lab maupun di dunia nyata. Pesepeda asal Amerika yang menjuarai Red Bull Rampage 2015, Nicholi Rogatkin menjadi salah satu figur yang mencicipi Shiva 2.0 dengan jatuh 30 kaki dan Loop Of Doom Matt Macduff.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari London Imperial College mengungkapkan bahwa mereka mampu mengitung linear dan putaran G-Force Nicholi pada helm. Selain itu, penambahan LDL (Low Density Layer) pada helm Shiva dapat meminimalisir MTBI (Mild Traumatic Brain Injury) dari 60% hingga turun menjadi 10%. Teknologi LDL merupakan sistem proteksi berupa bantalan yang ditempatkan di seluruh bagian helm sehingga dampak yang timbul dari kekuatan rotasi dapat dikurangi hingga 25% dan mencapai 30% pada kekuatan rendah G Linear. (rnd)