Songgoriti, Batu, sudah lama jadi salah satu wisata alam andalan di Jawa Timur. Tempat punya permainan menarik turis yang ingin menuju pemandian air panas, kolam renang, taman rekreasi agro, danau, makam kuno, dan candi.

Di bukit salah satu bukit kawasan Songgoriti ini terdapat trek downhill yang lebih dikenal dengan sebutan trek downhill Bukit Klemuk atau Klemuk singkatnya. Meskipun tergolong jauh dari Surabaya, Pasuruan dan kota lain di barat, trek ini termasuk favorit buat pe-downhill. Dalam perkembangannya trek Bukit Klemuk saat ini memiliki paling tidak dua jalur downhill yang beda tingkat kesulitan.

Dalam Kejurnas Indonesian Downhill (IDH) 2015, trek Songgoriti, Malang, tampaknya akan dipergunakan kembali dalam salah satu serinya. Dengan panjang sekitar 1,2 km trek yang berada di kompleks lembah pegunungan gunung Kawi dan Arjuna dan kondisi alamnya yang terjal, trek Bukit Klemuk sering memberikan jawaban atas tantangan dengan rekor kecelakaan yang terjadi di trek ini, bahkan yang fatal. Pada level berbahaya ini, trek Bukit Klemuk sering menjadi seri penentu kemenangan.

Starting point dimulai dari lahan yang agak tandus dan curam. Rintangan-rintangan yang harus dihadapi antara lain drop patah, berem, dan trek tunggal melintasi lereng curam. Utamanya kesiapan teknis, fisik, banyak berlatih dan menjaga stamina menjadi sangat penting untuk bermain di trek Bukit Klemuk Songgoriti Batu ini.

Bagaimana dengan tempat untuk keluarga? Batu kan memang tempatnya. Jatim Park I dan II atau agrowisata, air terjun, outbound, cafe dan restoran banyak di temui di kawasan liburan sejuk Batu.