Kawasan wisata Umbul Sidomukti merupakan salah satu destinasi favorit di Jawa Tengah bagi para pelancong. Letaknya berada di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Pemandangan Gunung Ungaran terlihat luar biasa dari lokasi ini. Objek wisata yang ditawarkan meliputi kolam renang bertingkat di lereng gunung yang akan memberikan kesan lebih dari sekedar menyegarkan. Selain itu, ada camping ground, pondok wisata, restoran, hotel, outbound training, permainan adrenalin, dan tentunya lintasan trek sepeda gunung.

 

Trek Umbul Sidomukti Downhill
Trek Umbul Sidomukti Downhill

Trek Umbul Sidomukti Downhill, atau yang sering disebut dengan trek US DH, dibuat pada tahun 2013. Trek ini merupakan salah satu trek yang banyak disukai oleh riders. Inisiatif pembuatan trek di kawasan wisata Umbul Sidomukti ini datang dari Utopia Redbraking Garuda Racing Team (tim URG), dengan desain awal yang dibantu oleh atlet veteran, Marta Mufreni dan OC Charm. Saat ini trek US DH murni dikelola oleh tim URG. Sedangkan pihak manajemen kawasan wisata Umbul Sidomukti sebagai pemilik hanya memberikan bantuan tempat dan biaya.

Lintasan yang berada di tanah seluas 36 hektare ini telah menjadi venue dalam gelaran Indonesian Downhill (IDH) sebanyak dua kali, pada tahun 2013 dan 2014. Dua kali penyelenggaraan IDH di trek ini selalu ramai pengunjung dan banyak diikuti oleh rider. Rekor tertinggi pada tahun 2014, sebanyak 310 riders mengikuti kerjunas downhill di venue ini. Sehingga di tahun 2015, trek yang telah mengalami dua kali perubahan ini kembali digunakan dalam seri penutup IDH 2015.

Panjang trek meliputi 1.650 kilometer dengan elevasi total 195 meter. Starting gate berada diketinggian 1200 mdpl dengan jalur loading beton dari start hingga finish. Konsep awal trek ini nonpedalling, namun tetap aman untuk seluruh riders. Pihak pengelola menghindari adanya gapjump serta obstacle yang berbahaya. Sebagai konsekuensi menciptakan trek nonpedalling, maka dibangun 3 jembatan beton permanen di area trek.

Pada seri Indonesian Downhill 2015 mendatang, tim URG berencana akan menambah panjang trek dengan menaikkan starting gate ke hutan pinus. Obstacle juga akan ada penambahan dan perubahan, sehingga kondisi trek akan cukup berbeda dibanding tahun lalu. Kedepannya, trek ini akan dikembangkan menjadi bikepark yang dilengkapi dengan pumptrack serta track XC & AM.

(egi/cyn)