greyp-g12h-e-bike-codesport

codesport.idE-bike atau sepeda elektrik tidak mau kalah untuk bersaing dengan jenis sepeda lain di pasaran. Seiring perkembangannya, sepeda elektrik terus-menerus mengeluarkan inovasi yang mutakhir. Salah satunya yaitu Greyp G12H dengan kemampuan menempuh jarak hingga 240 km hanya dengan satu kali charging.

Greyp G12H merupakan sepeda elektrik buatan industri otomotif asal Kroasia bernama Rimac Automobili. Pabrik tersebut memang terkenal akan inovasinya yang tidak mengenal batas, misalnya seperti supercar atau mobil canggih yang mereka produksi. Kali ini, Rimac telah mengaplikasikannya terhadap Greyp G12H.

Rahasia Greyp G12H terdapat pada kemampuan baterainya yang berkapasitas 3 kWh. Baterai dengan daya besar tersebut terletak di dalam frame sepeda sehingga terlihat lebih besar namun tetap gagah. Desain Greyp G12H sendiri seperti kombinasi antara motor jenis trail dengan road bike.

Selain dari kekuatan baterai, Greyp G12H juga memiliki kecanggihan yang lain. Greyp G12H menggunakan sensor biometrik yang berguna untuk mengaktifkan motor elektrik pada sepeda. Pilihan mode berkendara sepeda ini dapat diaktifkan hanya dengan pemindaian (scanning) satu jari.

Sepeda ini adalah seri kedua dari produk Greyp sebelumnya dengan model G12S. Perbedaan dari keduanya terletak pada kecepatan dan daya baterai. G12S hanya mampu menempuh sekitar 120 km namun memiliki kecepatan yang lebih tinggi hingga 70 km/jam, sedangkan kecepatan G12H hanya 45 km/jam. Sepeda elektrik Greyp G12H rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2016. Harga Greyp G12H belum diungkapkan oleh Rimac, namun yang pasti akan lebih mahal dibanding G12S yang berharga 9.400 USD. (rnd)