fuad hartono podium

Fuad Hartono tampil impresif sebagai juara 1 di Indonesian Downhill (IDH) Bukit Klemuk, Batu, Jawa Timur, 20-21 Agustus 2016. Pembalap dari Pelindo 3 Codesport Downhill Racing Team (Pelindo 3 CDH) tersebut berhasil torehkan catatan tercepat di Final Run kelas Men Sport B dengan waktu 2 menit 24,354 detik, waktu yang sangat jauh dan tak dapat terkejar oleh para pesaingnya.

Podium IDH Seri 3 sekaligus menjadi yang kedua dalam kontribusinya mengikuti ajang IDH. Sebelumnya, Fuad meraih podium posisi kedua pada IDH Seri 1 di Umbul Sidomukti, Semarang, di kelas yang sama. Bukit Klemuk terasa sebagai arena bermain bagi Fuad mengingatnya telah terbiasa dengan trek Klemuk meski memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

“Kesannya tentu senang sekali bisa mendapat Podium 1 Kelas Men Sport B di IDH Seri 3 Bukit Klemuk karena selain podium 1 pertama, bisa dibilang sebagai local boy (warga setempat, red) sayang kalau tidak podium di trek yang biasa dibuat latihan,” ungkap rider berusia 27 tersebut saat diwawancarai.

Fuad menganggap kemenangannya dipengaruhi adanya dukungan dari tim dan sponsor sehingga mendatangkan semangat untuk memberi hasil yang maksimal. Selain itu, Fuad mengungkapkan bahwa selalu fokus menjadi kunci utama meraih kemenangan, baik sebelum maupun saat race.

Adapun Fuad mengalami kendala saat Seeding Run karena sepeda yang Dia gunakan mengalami masalah pada drivetrain. Akan tetapi hal tersebut dapat diantasipasi berkat dukungan dari tim. Fuad juga masih menggunakan ban berukuran 26, sementara pesaingnya sudah banyak yang menggunakan ukuran 27,5. Meski hadir berbagai macam kendala, namun tidak mengurangi semangat Fuad dalam meraih podium utama. Dia menyebut pesaing terberatnya pada saat itu adalah Faizal Arozi dari tim Jagger dan Ahyadi dari Pedoc Pekalongan. (rnd)