Toba GranFondo 2016 akan menjadi ajang touring bersepeda jarak jauh penuh gengsi dengan rute yang mengagumkan yaitu mengelilingi Danau Toba. Danau Toba sendiri terbentuk dari kaldera raksasa dari letusan gunung supervulkanik Toba. Danau Toba dikelilingi dengan area wisata yang indah berikut nuansa pegunungan dan pedesaan yang asri dengan hamparan pemandangan yang cantik.

TGF 2016 dilaksanakan dalam dua hari proses perjalanan dengan keunikan rute masing-masing. Rute pada hari pertama memberikan kesan menantang dengan berbagai medan yang ada, mulai dari kondisi jalan yang berkelok-kelok hingga tanjakan yang memicu adrenaline. Rute pada hari ke dua, para cyclist akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa dengan nuansa perbukitan. Terdapat banyak pepohonan dan perkebunan nan hijau terhampar sejauh mata memandang, dan tentunya yang ditunggu-tunggu yaitu panorama fantastis Danau Toba.

Rute hari pertama yaitu dimulai dari kantor gubernur Kota Medan, kota metropolitan dengan kondisi tata kota yang sangat baik dan memiliki beberapa bangunan bersejarah sebagai landmark kota tersebut. Setelah berangkat dari Medan, paracyclist melanjutkan ke check point berikutnya sebagai tempat pemberhentian yaitu di Kabupaten Karo, tepatnya di kantor bupati yang terletak di Kabanjahe. Kemudian dari Kabanjahe, perjalanan lanjut menuju ke Simalem sebagai titik finish pada hari pertama dan para cyclist akan bermalam di sana.

Selanjutnya, di hari kedua para cyclist akan dijamu dengan rute yang banyak menyajikan panorama indah. Berangkat dari Simalem, para cylist mulai melanjutkan perjalanan menuju Simarjarunjung sebagai spot pemberhentian. Dianggap sebagai spot yang memanjakan visual para cyclist dan tempat yang sangat cocok untuk bersantai sejenak. Setelah dari Simarjarunjung, perjalanan langsung ditempuh untuk menuju ke garisfinish sesungguhnya yaitu Parapat. Touchdown di Parapat dan para cyclist akan merasakan sensasi disambut oleh kerajaan pariwisata Danau Toba.

Dari keseluruhan perjalan tersebut, para cyclist juga mendapat berbagai fasilitas dari makanan hingga penginapan. Sesampai di garis finish Parapat, perjuangan dalam menempuh perjalanan jauh dengan berbagai tantangan tersebut akan terbayar oleh atmosfer fantastis Danau Toba. Sebagai puncak kesuksesan, akan diadakan pula perayaan yang sangat memanjakan seperti pentas kesenian dan kuliner istimewa khas Batak diiringi dengan suasana menyejukkan.