codesport-mountain-bike-tips

codesport.id – Bersepeda tidak hanya melewati lintasan aspal atau on-road yang halus. Tidak sedikit pecinta sepeda menekuni jalur off-road karena dianggap lebih ekstrem dan menantang. Trek off-road biasa dilalui oleh pesepeda menggunakan Mountain Bike (MTB) atau sepeda gunung, sengaja disesuaikan dengan jalur yang lebih berstruktur kasar.

Menghadapi trek off-road membutuhkan keahlian yang lebih rumit mengingat tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Kemampuan handling dalam mengontrol keseimbangan sepeda menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh pesepeda off-road. Posisi badan dan sepeda juga harus disesuaikan dengan baik.

Poin pertama yaitu posisi tangan. Usahakan agar siku tangan tidak terlalu lurus atau sedikit bengkok sebagai bantuan ‘shock‘. Ketika sedang tidak mengayuh, posisikan pedal sejajar sebagaimana posisi kaki akan membentuk garis horizontal. Hal tersebut dapat menghindarkan pedal dan kaki dari benturan bebatuan. Umumnya, kaki yang lebih kuat yang akan berada di depan.

Posisi seatpost atau saddle usahakan sesuai hingga kaki dapat menjejak tanah dengan sempurna. Hal tersebut akan berpengaruh saat menghadapi turunan yang curam. Posisikan badan dengan duduk di bagian belakang seatpost dan paha menghimpit bagian depan. Posisikan di belakang saddle bila perlu ketika turunan terlalu curam sehingga tidak mudah terjungkal ke depan.

Teknik pengereman menjadi poin yang paling penting dalam bersepeda, termasuk off-road. Diperlukan agar menguasai teknik pengereman depan-belakang untuk pembagian beban agar lebih efektif, bila masih pemula silahkan gunakan rem belakang saja. Apabila menemui tanjakan curam dan merasa kurang kuat, hentikan laju dengan menarik rem depan agar tidak terjungkal ke belakang.

Jika ingin melibas trek berbatu atau makadam, usahakan rear derailleur (RD) dalam posisi terlipat (gigi tinggi/berat 7 atau lebih tinggi) agar RD terhindar dari kerusakan akibat benturan batu. Sesulit apapun bersepeda di trek off-road, pasti dapat ditaklukan dengan berlatih. Terpenting lagi, jangan paksakan apabila menemui medan yang terlalu sulit, menuntun sepeda cukup disarankan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (rnd)