manfaat-cyclocross-road-bike-x-mountain-bike-codesport

codesport.id – Cyclocross telah menjadi pilihan alternatif antara pecinta MTB sekaligus road bike. Menggunakan trek off-road, namun jenis bersepeda yang satu ini juga mengangkat disiplin cepat seperti road bike atau sepeda balap. Bersepeda cepat, menyenangkan, dan menantang, ditambah lagi tidak menghilangkan sensasi berkotor-kotor dengan trek off-road membuat cyclocross memiliki banyak peminat dari waktu ke waktu.

Sensasi bermain Cyclocross juga memberikan berbagai macam manfaat, terutama untuk meningkatkan performa bersepeda. Terdapat 5 manfaat yang paling menarik ketika mencoba bersepeda Cyclocross, antara lain:

1. Meningkatkan ketahanan dan kekuatan

Mengingat Cyclocross dilakukan di trek off-road, secara otomatis tubuh akan mengalami perkembangan fisik seperti latihan di gym. Bersepeda off-road tidak cukup hanya dengan skill, namun kekuatan fisik saat mengayuh maupun mendorong sepeda ketika terjatuh menjadi tantangan tersendiri bagi pesepeda off-road sehingga tenaga akan terus terlatih dan bertambah.

2. Menambah penguasaan drive-train

Bersepeda Cyclocross membuat pesepeda menjadi semakin menguasai teknik shifting atau mengoper gigi. Karena cyclocross lebih dapat dikatakan sebagai sepeda balap yang digunakan di off-road, keputusan cepat untuk mengoper gigi di waktu yang tepat sangat diperlukan. Maka dari itu pesepeda akan lebih memahami dan menguasai drive-train dengan timing yang baik.

3. Mengajarkan kemampuan pedalling

Bersepeda off-road dikenal membutuhkan teknik pedalling atau mengayuh yang lebih efisien. Adanya syarat tersebut ditandai dengan medan yang dipenuhi elevasi yang beragam. Penggunaan tenaga saat tanjakan, teknik rem saat turunan dan belokan, penyesuaian dengan trek yang licin mengharuskan pesepeda untuk lebih pintar menentukan cara pedalling yang efektif.

4. Meningkatkan kemampuan handling

Memposisikan badan, menjaga keseimbangan, menyesesuaikan roda, hal-hal tersebut menjadi syarat wajib saat bersepeda off-road agar terhindar dari keadaan yang tidak diinginkan. Pesepeda Cyclocross diharuskan untuk menguasai handling terutama jika menemui belokan tajam sekaligus licin. Ditambah lagi apabila bertemu turunan curam, posisi badan harus tepat untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Dengan demikian pesepeda lebih fleksibel dalam kemampuan handling.

5. Menggunakan trek off-road dan on-road dengan satu sepeda

Sepeda Cyclocross dapat disebut sebagai gabungan dari road bike dan MTB. Maka dari itu, pesepeda Cyclocross akan lebih diuntungkan dengan kemampuan sepeda yang dapat digunakan untuk kedua trek tersebut. Cyclocross akan menambah sensasi bersepeda semakin meluas dan tidak membosankan.
(rnd)