codesport indonesia - world best cycling race

Ajang balap sepeda menjadi favorit tersendiri bagi para penggemar olahraga sepeda. Di seluruh dunia, banyak sekali kompetisi lomba balap sepeda yang berskala dunia termasuk Tour de Singkarak di Indonesia. Lomba-lomba tersebut sangat menarik untuk disimak bahkan lebih beruntung lagi apabila berkesempatan untuk melihat langsung performa para punggawa dalam berebut gelar juara. Terdapat beberapa ajang kelas dunia yang paling terpopuler di dunia sepeda, berikut 5 diantaranya:

1. Tour de France (Perancis)

tour-de-france-cycling-race

Menjadi ajang sepeda yang paling terkenal, bahkan diluar para pecinta olahraga pasti pernah mendengar istilah Tour de France. Tour de France merupakan lomba yang diadakan di Perancis dengan melewati rute perbukitan di beberapa gunung seperti Andorre Arcalis, Mont Ventoux, dan lain-lain. Ajang ini pertama kali digelar pada tahun 1903 dan sudah memasuki gelaran ke-103 di tahun 2016 ini. Seringnya, Tour de France berlangsung selama 21 hari dengan jarak tempuh sekitar 3.500 km.

2. Giro d’Italia (Italia)

giro-d-italia-cycling-race

Merupakan kompetisi balap sepeda jarak jauh yang diadakan setiap tahun di Italia. Giro d’Italia sendiri sudah digelar sejak tahun 1909. Diselenggarakan oleh RCS Sport, Giro d’Italia juga diikuti oleh puluhan tim sepeda profesional dari berbagai belahan dunia. Kompetisi ini sendiri biasanya berlangsung sekitar 23 etape dengan melewati rute-rute indah di Italia termasuk negara di sekitarnya.

3. Tour de Suisse (Swiss)

tour-de-suisse-swiss-cycling-race

Ajang balap sepeda yang digelar sejak tahun 1933 hingga sekarang yang diselenggarakan di Swiss tiap bulan Juni. Perlombaan ini diikuti oleh para pembalap baik dari kalangan profesional maupun pemula. Tour de Suisse biasanya diselingi dengan berbagai acara hiburan seperti konvoi, Kid’s World, dan Bike Expo. Perlombaan berlangsung selama lebih dari 9 hari dengan menyusuri rute pegunungan Alpen.

4. Vuelta a Espana (Spanyol)

vuelta-a-espana-spanyol-cycling-race

Memiliki istilah lain yakni Tour of Spain, Vuelta a Espana sudah diselenggarakan sejak tahun 1935 di Spanyol. Seiring popularitasnya yang semakin berkembang, kini Vuelta a Espana menjadi ajang yang bergengsi setelah Tour de France dan Giro d’Italia. Dilaksanakan lebih dari 20 hari, rute Vuelta a Espana sangat menantang mulai dari trek landai hingga 10 puncak gunung di sekitaran Spanyol.

5. Tour de Langkawi (Malaysia)

Cycling: Tour Langkawi 2014/ Stage 8

Negara tetangga dari Indonesia ini juga memiliki ajang balap sepeda yang cukup bergengsi, yakni Tour de Langkawi di Malaysia. Terbilang kompetisi yang paling muda dari keempat ajang sebelumnya, Tour de Langkawi pertama kali diadakan pada tahun 1996. Menjadi bagian dari UCI Asia Tour, ajang ini berlangsung sekitar 7 hari dengan jarak tempuh mencapai 1.180 km.
(rnd)